Blog Yang Berisi Ilmu Agama Lalu Humanisme dan Ilmu Sains Maupun Sosial

Friday 26 March 2021

Cara Jitu Agar Hafalan Kuat

 

Cara Jitu Agar
Agar Hafalan Kuat


Oleh : Abid Nurhuda



 قال عبدالله بن شبرمة: عجبت للناس يحتمون من الطعام مخافة الداء، ولا يحتمون من الذنوب مخافة النار

Abdulloh bin Syibromah berkata : Aku heran kepada para manusia yang berusaha keras mencari makan karena takut sakit, tetapi tidak mau berusaha menghindar dari dosa karena takut api neraka.

 قال علي بن خشرم: ما رأيت بيد وكيع كتابًا قط، إنما هو حفظ، فسألته عن أدوية الحفظ، فقال: إن علمتك الدواء، استعملته؟ قلت: أي والله، قال: ترك المعاصي ما جربت مثله للحفظ. 

Ali bin Khasyrom berkata : Tidaklah aku sekalipun melihat tangan waki’ menulis hafalannya, maka akupun bertanya kepadanya tentang obat/cara jitu agar hafalannya kuat. Maka dia menjawab : apakah jika aku mengajarkannya kepadamu, kamu akan mengamalkannya? Aku berkata : Ya Demi Allah (Aku akan melakukannya), maka dia menjawab : Tinggalkanlah ma’siat niscaya engkau tidak akan pernah luput/lepas dari hafalanmu.

  قال محمد بن واسع: إن الذكر إذا خرج من القلب وقع في القلب

Muhammad bin Wasi’ berkata : Sesungguhnya dzikir itu jika diucapkan dari hati pasti akan sampai (pesan) menyentuhnya ke hati juga.

      


Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Total Pageviews