Blog Yang Berisi Ilmu Agama Lalu Humanisme dan Ilmu Sains Maupun Sosial

Saturday 20 March 2021

Nikmatnya Beribadah

 


Nikmatnya
Nikmatnya Beribadah


Oleh : Abid Nurhuda




قال أحمد بن حرب: عبدت الله خمسين سنة، فما وجدت حلاوة العبادة حتى تركت رضا الناس حتى قدرت أن أتكلم بالحق، وتركت صحبة الفاسقين حتى وجدت صحبة الصالحين، وتركت حلاوة الدنيا حتى وجدت حلاوة الآخرة.

Ahmad bin Harb berkata : aku beribadah selama 50 tahun dan tidaklah mendapatkan nikmatnya ibadah sampai aku meninggalkan keridhoan manusia demi untuk mengatakan kebenaran, dan aku meninggalkan berteman dengan orang-orang fasik sampai aku bisa berteman dengan orang-orang sholih, dan aku juga meninggalkan kenikmatan dunia demi mendapatkan kenikmatan dan kelezatan akhirat

قال بشر بن الحارث:لا تجد حلاوة العبادة حتى تجعل بينك وبين الشهوات سدًّا

Basyir bin Harist berkata : Tidaklah kamu akan mendapati manisnya ibadah sampai engkau membuat penghalang antara dirimu dengan syahwat

 قال ابن المبارك: قيل لوهب: يجد طعم العبادة من يعصي؟ قال: ولا من يهمُّ بالمعصية


Ibnul Mubarok berkata : Ada seseorang yang datang kepada Wahab dan bertanya : apakah orang yang bermaksiat akan merasakan manisnya ibadah? Maka dia menjawab : tidak akan pernah bisa (merasakan nikmatnya ibadah) orang yang bermaksiat.

Share:

1 comments:

Blog Archive

Total Pageviews